Asam Jawa

Asam jawa merupakan tumbuhan berbuah polong. Batang pohonnya yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. Daun asam jawa bertangkai panjang, sekitar 17 cm dan bersirip genap. Bunganya kuning kemerah-merahan dan buah polongnya berwarna cokelat dengan rasa khas asam.

Kandungan penting :

Kandungan kimia : buah polong asam jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin, dan gula invert.

Khasiat Asam Jawa dan cara penggunaan :

1. Asma
Bahan : 2 potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Cara membuat : kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari.

2. Batuk kering
Bahan : 3 polong buah asam jawa, 1/2 genggam daun saga. Cara membuat : kedua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

3. Demam
Bahan : 1 genggam daun asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Cara membuat : kedua bahan tersebut direbus dengan 1/2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

4. Rematik
Bahan : 1 genggam daun asam jawa, 2-3 biji asam jawa (klungsu = jawa). Cara membuat : kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Cara menggunakan : dipakai untuk kompres bagian yang sakit.

5. Sakit perut
Bahan : 3 polong buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Cara membuat : semua bahan tersebut dicampur sampai merata. Cara menggunakan : digunakan sebagai obat gosok, terutama pada bagian perut.

6. Morbili
Bahan : 1-2 potong buah asam jawa yang telah matang, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Cara membuat : kunyit diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur sampai merata. Cara menggunakan : digunakan sebagai bedak / obat gosok bagi penderita morbili.

7. Alergi (Biduren)
Bahan : 2-3 golong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya, 1/4 sendok kapur sirih. Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

8. Sariawan
Bahan : 2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 potong gula kelapa. Cara membuat : semua bahan tersebut direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum biasa.

9. Luka baru
Bahan : daun asam jawa secukupnya. Cara membuat : daun asam jawa dikunyah sampai lumat. Cara menggunakan : ditempelkan pada luka.

10. Luka borok
Bahan : beberapa biji asam jawa (klungsu = jawa). Cara membuat : biji asam jawa ditumbuk halus. Cara menggunakan : ditempelkan pada luka, kemudian diperban.

11. Eksim dan bisul
Bahan : 1 genggam daun asam jawa yang masih muda (sinom = jawa), 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Cara membuat : kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Cara menggunakan : ditempelkan pada bagian yang sakit.

12. Bengkak karena disengat lipan / lebah
Bahan : 3-5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya. Cara membuat : biji asam jawa ditumbuk halus. Cara menggunakan : bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih, kemudian ditaburi / ditempeli dengan bubukan biji asam jawa tersebut.

13. Mencegah rambut rontok
Bahan : beberapa biji asam jawa, cara menggunakan : sebelum keramas dengan shampo, kepala dipijat terlebih dahulu.

Sumber : Kitab Tanaman Obat Nusantara

Share it :
Facebook
WhatsApp
Email
Lihat Juga artikel Lainnya

Artikel Terkait

NatureAce

Xanthelasma

Xanthelasma merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan adanya plak berwarna kekuningan, yang sering kali timbul di dekat sudut mata bagian

Baca Semua...»
NatureAce

Anosmia

Apa itu Anosmia? Anosmia adalah kondisi di mana Anda tidak dapat mencium bau apa pun, baik itu aroma kue pie

Baca Semua...»
abses-hati
NatureAce

Abses Hati

Abses hati adalah kumpulan nanah di dalam kantung-kantung yang berada di dalam parenkim (jaringan) hati. Penyakit ini paling sering disebabkan

Baca Semua...»
NatureAce

Obesitas

Istilah obesitas adalah suatu kondisi yang menggambarkan seseorang memiliki badan yang sangat gemuk dan mengandung banyak lemak pada tubuhnya. Terdapat

Baca Semua...»
NatureAce

Infeksi Telinga

Infeksi telinga terjadi ketika bakteri atau virus menginfeksi bagian tengah dari telinga, atau tepat sebelum gendang telinga. Infeksi telinga terasa

Baca Semua...»
NatureAce

Kejang

Kejang adalah gejala yang timbul dari efek langsung atau tidak langsung dari penyakit sistem saraf pusat (SSP) atau disfungsi otak.

Baca Semua...»
NatureAce

Narkolepsi

Narkolepsi adalah gangguan tidur kronis yang ditandai dengan rasa kantuk di siang hari dan serangan tidur yang tiba-tiba. Orang dengan

Baca Semua...»
NatureAce

Obstruksi Usus

Obstruksi usus adalah penyumbatan yang terjadi pada usus, baik besar maupun usus halus. Terjadi ketika makanan atau tinja tidak dapat

Baca Semua...»
NatureAce

Neuritis Optik

Neuritis optik adalah kondisi peradangan pada saraf mata (saraf optik). Saraf optik berfungsi mengirim informasi dari mata ke otak. Kondisi

Baca Semua...»

Login

0