Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang laki- laki, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat, dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Penyebab :

Berikut ini adalah faktor yang menjadi penyebab datangnya penyakit asam urat, antara lain :

  • Makanan yang berzat purin tinggi yang dikonsumsi, seperti jeroan hewan, hidangan laut ,dan daging merah.
  • Banyak mengonsumsi minuman dengan gula tinggi dan minuman beralkohol.
  • Menggunakan obat-obatan dengan jenis tertentu, seperti aspirin, obat penghambat enzim, sislosporin, dan obat-obatan kemoterapi.
  • Mempunyai riwayat penyakit asam urat pada anggota keluarga.

Gejala :

  • Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  • Kesulitan untuk berjalan akibar sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  • Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
  • Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, tetapi kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

Cara mencegah :

  • Menghindari Makanan memiliki zat Purin Tinggi.
  • Perbanyak Minum Air Putih.
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
  • Minum Kopi Secukupnya.
  • Konsumsi Buah yang memiliki Antioksidan Tinggi.
  • Menghindari obesitas
  • Rutin berolahraga

Solusi Herbal :

1. Habatusauda Habatusauda atau jintan hitam

Dilaporkan telah digunakan lebih dari 2000 tahun oleh orang Yunani dan Timur Tengah untuk berbagai pengobatan. Karena memiliki efek anti radang, habatusauda dianggap sangat cocok untuk meredakan peradangan akibat asam urat. Selain itu, manfaat habatusauda juga meliputi beberapa hal berikut : Meredakan asma, Mengatasi flu dan alergi, Mengurangi tekanan darah tinggi, Mencegah batu empedu, Mencegah kanker.

2. Sambiloto
Mengandung alkane, keton, aldehid, flavanoid, kalsium, kalium , dan natrium. Tanaman tersebut juga bersifat anti nyeri, anti radang, dan dapat menawarkan racun. Sementara itu, untuk meramu sambiloto sebagai obat asam urat, bisa memanfaatkan daunnya. Caranya yakni sebagai berikut: Siapkan sambiloto kering 10 gram, temulawak 10 gram, komfrey 5-10 gram, lada 1 gram dan 5 gelas air Rebus semua bahan dan sisakan hingga tiga gelas Minum hasil rebusan untuk tiga kali sehari masing-masing satu gelas Minum satu jam sebelum makan, atau dua jam usai makan.
3. Legundi
Bunga dan daun Legundi adalah salah satu tanaman herbal yang sangat efektif mengendalikan rasa sakit dan inflamasi karena radang sendi dan sciatica. Pohon legundi dapat dijumpai sebagai tanaman liar, antara lain di daerah hutan jati, hutan sekunder, di tepi jalan, pematang sawah.
4. Kumis kucing

Tanaman ini telah dikenal sebagai penghancur batu di ginjal atau saluran kencing. Sifat diuretiknya juga dapat membantu membuang asam urat berlebih melalui kencing. Cara meramunya, yakni sebagai berikut : Siapkan daun kumis kucing kering 10 gram, meniran kering 10 gram, sawi tanah kering 10 gram, jahe merah memar kering 15 gram, dan kapulaga kering 10 gram, Rebus semua bahan bersama satu liter air sampai tersisa 500 ml, Gunakan untuk diminum tiga kali sehari.

5. Daun salam Daun salam tak hanya dapat membuat masakan terasa makin nikmat. Daun salam ternyata dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat. Caranya meramunya, yakni sebagai berikut: Rebus 10-25 daun salam dengan 3 gelas air Sisakan satu gelas dan jadikan untuk dua kali minum
6. Jahe Merah
Jahe merah adalah tanaman herbal yang memiliki khasiat anti peradangan. Oleh sebab itu, jahe merah dianggap dapat membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, jahe merah juag dapat meningkatkan nafsu makan dan memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan.
7. Brotowali
Brotowali dinilai sebagai salah satu tanaman herbal utama meningkatkan sistem imun tubuh (immuno-modulator). Oleh karena sifatnya tersebut, brotowali dapat digunakan untuk membuat tubuh lebih kuat dalam menahan serangan penyakit. Selain meringankan asam urat, brotowali juga bermanfaat mengatasi diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi dan menyehatkan organ-organ vital tubuh.
8. Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak polifenol yang bekerja sebagai antioksidan pencegah serangan asam urat. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Riset oleh universitas Michigan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mencegah produksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada pasien asam urat.

9. Sidaguri

Sidaguri adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di tepi jalan, halaman berumput, hutan, sawah, dan tempat-tempat dengan sinar matahari langsung atau sedikit terlindung. Namun, siapa sangka, sidaguri terbukti mengandung alkaloid ephedrine, terutama pada bijinya. Kandungan senyawa tersebut diketahui dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti: Efek mendinginkan badan (anti demam), Melancarkan pencernaan, Menyusutkan jaringan (astringent), Menguatkan stamina, Merangsang produksi air seni (diuretik), Selain efektif untuk asam urat, sidaguri juga bermanfaat mengatasi hematuria, cystitis, kelemahan seksual, dan kualitas sperma buruk.

Alternatif lain :

Pada asam urat, biasanya terdapa dua jenis pengobatan. Karena pengobatan yang dilakukan memiliki dua sasaran utama yakni untuk meringankan gejala asam urat dan mencegah serangan kembali terjadi.

Pengobatan asam urat yang bisa diterapkan untuk meringankan gejala asam urat adalah dengan menempelkan kantong atau kain berisi es pada bagian sendi yang sakit. Atau konsumsilah obat pereda sakit dan obat-obatan golongan steroid.

 

Sumber : Dari berbagai sumber, kompas

PRODUK JAMU TERKAIT TULISAN INI
No data was found
HUBUNGI KAMI :
Bagikan :
Facebook
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga artikel Lainnya

Artikel Terkait

kolesterol
NatureAce

Kolesterol Tinggi

Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Kolesterol Tinggi Kolesterol adalah zat yang secara alami diproduksi oleh hati. Kolesterol berguna untuk pembentukan membran

Baca Semua...»
NatureAce

HIV / AIDS

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Baca Semua...»
jamblang
NatureAce

Jamblang

Jamblang tergolong tumbuhan buah-buahan yang berasal dari Asia dan Australia tropis. Biasa ditanam di pekarangan atau tumbuh liar, terutama di

Baca Semua...»
temu mangga
NatureAce

Temu Mangga

Temu mangga memiliki habitus : Semak, tinggi 1-2 m. Batang : Semu, tegak, lunak, batang di dalam tanah membentuk rimpang,

Baca Semua...»
lemon balm
NatureAce

Lemon Balm

Lemon balm atau Melissa officinalis adalah tanaman herbal beraroma lemon yang berasal dari famili mint. Lemon balm tersedia dalam bentuk

Baca Semua...»
jantung
NatureAce

Jantung Koroner

Apakah Penyakit Jantung Koroner Itu? Penyakit jantung atau dalam istilah medis disebut penyakit jantung koroner adalah kondisi yang terjadi ketika

Baca Semua...»
garut
NatureAce

Garut

Tanaman garut berakar serabut, rhizomanya mula-mula tampak berupa batang yang merayap, lalu menembus ke dalam tanah, dan membengkak menjadi suatu

Baca Semua...»
NatureAce

Rabun Senja

Rabun senja atau yang juga dikenal dengan nama niktalopia adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk melihat pada senja hari

Baca Semua...»
kunir
NatureAce

Kunir

Kunir termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayah Asia khususnya Asia Tenggara. Tanaman ini

Baca Semua...»

Login

0