Manfaat bawang putih terkenal bukan hanya untuk menambah rasa masakan, tapi juga dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Manfaat bawang putih sendiri telah lama digunakan sejak zaman Mesir kuno, India bahkan Tiongkok. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis.

Sejumlah studi mengaitkan konsumsi banyak bawang putih dengan penurunan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki sirkulasi darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung.

Khasiat dan manfaat bawang putih dapat dimaksimalkan jika dikonsumsi mentah karena memasaknya terlalu matang dapat menghancurkan kandungannya yang penting. Jika Anda berniat menggunakan suplemen bawang putih untuk tujuan kesehatan, ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang menggunakan obat pengencer darah.

Manfaat bawang putih :

1. Untuk kesehatan jantung

Salah satu manfaat bawang putih yang disebutkan adalah baik untuk kesehatan jantung. Dari suatu penelitian, ditemukan data bahwa pemberian suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung. Efek ini terlihat dari kemampuan bawang putih untuk menurunkan kolesterol, dan efek pengencer darah yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

2. Untuk kesehatan saluran cerna

Tak hanya baik untuk jantung, manfaat bawang putih lainnya adalah untuk kesehatan saluran cerna. Bawang putih mengandung zat allicin yang berfungsi sebagai antibiotik juga antijamur, dan antiparasit atau obat cacingan. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat bawang putih juga dapat digunakan untuk melawan infeksi bakteri H.pylori di lambung.

3. Untuk mencegah kanker

Salah satu manfaat bawang putih yang sedang banyak diteliti adalah efeknya dalam melawan kanker. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat menekan aktivitas sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, bawang putih memiliki potensi sebagai sumber antikanker. Studi lain menunjukkan pula bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih berisiko lebih kecil untuk terkena kanker usus besar. Namun, masih dibutuhkan penelitian dalam skala yang lebih besar untuk menerapkannya sebagai pengobatan secara medis.

4. Untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Ekstrak bawang putih diduga mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Beberapa temuan penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus.

Bawang putih juga diduga mampu sedikit menurunkan kolesterol dalam tubuh, tetapi bukan berarti bawang putih dapat menjadi obat hipertensi maupun kolesterol yang efektif karena masih memerlukan penelitian yang lebih luas.

5. Untuk mencegah pilek

Bawang putih dipercaya dapat mencegah pilek karena diduga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih lebih jarang mengalami flu dan pilek dan akan lebih cepat sembuh ketika terkena flu dibandingkan mereka yang tidak.

Selain itu, aroma bawang putih yang kuat juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk sinusitis. Namun, bagaimana cara kerja dan penggunaan manfaat bawang putih sebagai pencegahan dan pengobatan untuk sinusitis ataupun flu dan pilek masih perlu diteliti.

Sumber : disarikan dari berbagai sumber.

Share it :
Facebook
WhatsApp
Email
Lihat Juga artikel Lainnya

Artikel Terkait

NatureAce

Rabun Tua (Presbiopi)

Rabun tua adalah hilangnya kemampuan mata seseorang secara bertahap untuk fokus pada benda-benda yang berada di dekatnya. Kondisi ini merupakan

Baca Semua...»
NatureAce

Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi dimana kepadatan tulang menurun. Didalam tulang yang sehat, terdapat ruang kecil seperti sarang lebah. Osteoporosis meningkatkan ukuran

Baca Semua...»
NatureAce

Jamur Kulit

Ada begitu banyak jenis perawatan dan solusi untuk mengobati infeksi jamur kulit. Namun kita juga bisa melakukan pengobatan secara alami

Baca Semua...»
NatureAce

Covid 19 (Corona Virus)

Virus corona adalah kelompok besar virus yang menyebabkan berbagai jenis penyakit. Mulai dari batuk pilek hingga penyakit yang lebih parah.

Baca Semua...»
NatureAce

Faringitis

Faringitis adalah peradangan pada faring, yakni bagian belakang tenggorokan. Penderita akan merasa sakit, tidak nyaman atau gatal, pada bagian belakang

Baca Semua...»
NatureAce

Alergi Susu

Alergi susu bisa diartikan sebagai reaksi sistem kekebalan tubuh yang dikarenakan produk yang terbuat atau mengandung susu. Umumnya dialami oleh

Baca Semua...»
NatureAce

Skoliosis

Skoliosis merupakan kondisi tulang belakang melengkung secara tidak normal. Kebanyakan kasus skoliosis terjadi pada anak-anak sebelum masa pubertas. Kasus ini

Baca Semua...»
Folikulitis
NatureAce

Folikulitis

Apa itu folikulitis? Folikulitis adalah peradangan atau infeksi yang dapat mengenai satu atau lebih folikel rambut. Folikel rambut adalah lubang

Baca Semua...»

Login

0