beluntas

Daun beluntas (Pluchea indica) adalah tanaman perdu yang familiar di Indonesia. Daunnya yang aromatik dan kaya manfaat sering diolah sebagai lalapan, campuran sayur, atau bahan masakan tradisional.

Beluntas merupakan perdu kecil, tanaman tumbuh tegak, tinggi bisa mencapai 2 m. Batang berambut halus. Daun bulat telur, hijau muda, panjang 2 – 9 cm, ujung lancip, letak berseling, berbau khas. Bunga majemuk, berbentuk malai, keluar dari ketiak daun, bercabang-cabang, warna putih kekuningan. Buah kecil, keras, warna coklat, biji coklat keputih-putihan. Perbanyaan tanaman dengan biji atau stek.

Daun beluntas juga memiliki aroma yang harum dan teksturnya cukup lembut untuk dikunyah dan biasanya sering dimakan sebagai lalapan serta sayur urap. Kandungan vitamin C dan vitamin A pada daun beluntas ini cukup banyak. Tak hanya lezat, daun beluntas juga menyimpan segudang manfaat kesehatan. Berikut beberapa di antaranya :

 

1. Mencegah Kerusakan Hati

Daun beluntas kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi hati dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan flavonoid dan alkaloidnya juga membantu meningkatkan fungsi hati dan melancarkan proses detoksifikasi.

 

2. Mengobati Tuberkulosis (TBC) Kelenjar Leher

Daun beluntas memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri Mycobacterium tuberculosis, penyebab TBC. Konsumsi daun beluntas secara rutin dapat membantu meredakan gejala TBC kelenjar leher, seperti bengkak pada kelenjar getah bening di leher, demam, dan keringat malam.

 

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Daun beluntas mengandung vitamin C dan zat besi yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Kandungan antibakterinya juga membantu mencegah infeksi pada luka.

 

4. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat (LDL) dalam Darah

Daun beluntas mengandung serat dan senyawa beta-sitosterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Hal ini dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

 

5. Mencegah Penyakit Kanker

Daun beluntas kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas, penyebab utama kanker. Kandungan flavonoidnya juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

 

6. Mengurangi Bau Badan

Daun beluntas memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi bau badan yang disebabkan oleh bakteri. Konsumsi daun beluntas secara rutin dapat membantu menjaga tubuh tetap segar dan bebas bau badan.

 

7. Mencegah Penuaan Dini

Daun beluntas kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas, penyebab penuaan dini. Kandungan vitamin C dan E-nya juga membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya keriput.

 

8. Menambah Nafsu Makan dan Melancarkan Pencernaan

Daun beluntas mengandung zat karminatif yang dapat membantu menambah nafsu makan dan melancarkan pencernaan. Kandungan seratnya juga membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

 

9. Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Daun beluntas memiliki efek hipoglikemik yang dapat membantu mengontrol gula darah dalam tubuh. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes.

 

10. Mencegah Kerusakan Sel Akibat Radikal Bebas

Daun beluntas kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer.

 

Cara Mengonsumsi Daun Beluntas

Daun beluntas dapat diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti lalapan, sup, sayur, dan urap. Daun beluntas juga dapat dikeringkan dan dijadikan teh. Berikut beberapa cara mengonsumsi daun beluntas:

  • Lalapan : Cuci bersih daun beluntas, kemudian sajikan sebagai lalapan dengan sambal terasi.
  • Sup : Rebus daun beluntas dengan ayam atau daging sapi, kemudian tambahkan bumbu-bumbu sesuai selera.
  • Sayur : Tumis bawang merah dan bawang putih, kemudian masukkan daun beluntas dan bumbu-bumbu sesuai selera.
  • Urap : Rebus daun beluntas, kemudian campur dengan kelapa parut dan bumbu-bumbu urap.
  • Teh : Seduh daun beluntas kering dengan air panas, kemudian minum tehnya selagi hangat.

Daun beluntas secara umum aman dikonsumsi. Namun, wanita hamil dan menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun beluntas.

Daun beluntas adalah tanaman yang mudah ditemukan dan kaya akan manfaat kesehatan. Mengonsumsi daun beluntas secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.

Sumber :
pkht.ipb.ac.id/index.php/2018/07/05/beluntas/
www.rri.co.id/kesehatan/447301/manfaat-daun-beluntas-untuk-kesehatan-dan-kecantikan

Share it :
Facebook
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga artikel Lainnya

Artikel Terkait

NatureAce

Pneumonia

       Pneumonia adalah peradangan pada satu atau kedua paru ,yang menyebabkan penumpukan cairan atau nanah dalam kantong udara kecil di

Baca Semua...»
NatureAce

Anosmia

Apa itu Anosmia? Anosmia adalah kondisi di mana Anda tidak dapat mencium bau apa pun, baik itu aroma kue pie

Baca Semua...»
NatureAce

Narkolepsi

Narkolepsi adalah gangguan tidur kronis yang ditandai dengan rasa kantuk di siang hari dan serangan tidur yang tiba-tiba. Orang dengan

Baca Semua...»
NatureAce

Usus Buntu

Penyakit usus buntu atau apendisitis adalah peradangan pada usus buntu yang disebut juga sebagai apendiks. Apendiks adalah suatu kantung kecil

Baca Semua...»
NatureAce

Mual

Mual dapat dikurangi dengan mempergunakan ramuan herba dibawah ini Jahe Manfaat jahe salah satunya adalah untuk menghilangkan mual. Pamor jahe

Baca Semua...»
promil
NatureAce

Program Hamil

Program Hamil untuk Pasutri Program hamil adalah program layanan kesehatan khusus bagi pasangan suami istri yang sedang mendambakan kehadiran buah

Baca Semua...»
NatureAce

Xerosis

Xerosis kutis adalah istilah medis untuk kulit kering yang tidak normal. Kulit kering biasa terjadi pada orang tua. Xerosis kutis

Baca Semua...»
NatureAce

Ulkus Kornea

Ulkus kornea merupakan suatu kondisi adanya luka terbuka pada kornea. Umumnya, hal ini disebabkan oleh adanya infeksi pada kornea, yang

Baca Semua...»

Login

0