jambu biji

Jambu biji termasuk tanaman perdu dan memiliki banyak cabang dan ranting, batang pohonnya keras. Jambu biji (Psidium guajava) tersebar meluas sampai ke Asia Tenggara termasuk Indonesia, sampai Asia Selatan, India, dan Srilanka. Permukaan kulit luar pohon jambu biji berwarna cokelat dan licin. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Pada umur 2-3 tahun jambu biji sudah mulai berbuah. Bijinya banyak dan terdapat pada daging buahnya.

Kandungan penting :

Kandungan kimia : buah, daun, dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tanin, sedangkan pada bunganya tidak banyak mengandung tanin. Daun jambu biji juga mengandung zat lain kecuali tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin.

Khasiat Jambu Biji

‘:

    1. Diabetes melitus
    2. Maag
    3. Diare (sakit perut)
    4. Masuk angin
    5. Beser
    6. Prolapsisani
    7. Sariawan
    8. Sakit kulit
    9. Luka baru
    10. Demam berdarah

Cara penggunaan :

  1. Diabetes melitus

Bahan : 1 buah jambu biji setengah masak.Cara membuat : buah jambu biji dibelah menjadi 4 bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

2. Maag

Bahan : 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Cara membuat : direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan : diminum 3 kali sehari, pagi, siang, dan sore.

3. Sakit perut (diare dan mencret)

Bahan : 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya. Cara membuat : direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

4. Sakit perut / diare pada bayi yang masih menyusui

Bahan : jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Cara menggunakan : dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

5. Masuk angin

Bahan : 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya. Cara membuat : semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari.

6. Beser (sering kencing) berlebihan

Bahan : 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa). Cara membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

7. Prolapsisani

Bahan : 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat : direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan : air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi.

8. Sariawan

Bahan : 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat : direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari.

9. Sakit Kulit

Bahan : 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji. Cara membuat : ditumbuk bersama-sama sampai halus. Cara menggunakan : untuk menggosok bagian kulit yang sakit.

10. Obat luka baru

Bahan : 3 pucuk daun jambu biji. Cara membuat : dikunyah sampai lembut. Cara menggunakan : ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengeluarkan darah terus-menerus.

 

 

Share it :
Facebook
WhatsApp
Email
Lihat Juga artikel Lainnya

Artikel Terkait

NatureAce

Cacar Air

Cacar air, yang dalam istilah medis disebut varisela, umumnya menyerang oleh anak-anak berusia di bawah 10 tahun. Penyakit ini juga bisa

Baca Semua...»
batuk berdahak
NatureAce

Esofagitis

Esofagitis adalah peradangan pada lapisan esofagus atau kerongkongan yang dapat menimbulkan rasa sakit. Masalah ini sering disebabkan oleh konsumsi alkohol,

Baca Semua...»
NatureAce

Batu Empedu

Di dalam kantung empedu terdapat cairan yang disebut sebagai empedu dan berperan dalam pencernaan lemak. Batu empedu akan terbentuk ketika

Baca Semua...»
Folikulitis
NatureAce

Folikulitis

Apa itu folikulitis? Folikulitis adalah peradangan atau infeksi yang dapat mengenai satu atau lebih folikel rambut. Folikel rambut adalah lubang

Baca Semua...»
abses-hati
NatureAce

Abses Hati

Abses hati adalah kumpulan nanah di dalam kantung-kantung yang berada di dalam parenkim (jaringan) hati. Penyakit ini paling sering disebabkan

Baca Semua...»
NatureAce

Selulit

Selulit atau Stretch mark adalah jenis bekas luka yang berkembang ketika kulit kita meregang atau menyusut dengan cepat. Perubahan mendadak

Baca Semua...»
NatureAce

Radang Amandel

Radang amandel pada umumnya dialami oleh anak-anak, dengan berupa dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Fungsi utama organ

Baca Semua...»

Login

0