Penampilan diri seseorang kadang terganggu dengan adanya lipoma atau benjolan. Apa sebenarnya lipoma dan apakah benjolan itu bisa dihilangkan? Bagaimana menghilangkan lipoma secara alami tanpa operasi?

Pertanyaan seperti ini keluar dari pikiran seseorang saat benjolan terjadi pada dirinya atau pada orang di sekitarnya. Ternyata, lipoma bisa dihilangkan dengan memanfaatkan tanaman rumahan. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai ramuan yang bisa menghilangkan lipoma, ada baiknya kita mengetahui apa litu lipoma. Melansir dari halodoc.com, Lipoma adalah kondisi yang menyebabkan muncul benjolan lemak di antara kulit dan lapisan otot.

Pertumbuhan benjolan ini umumnya terjadi secara lambat. Benjolan lipoma akan terasa lunak dan mudah digoyangkan hanya dengan tekanan perlahan dari jari tangan. Meski begitu, lipoma tidak menyebabkan rasa sakit saat ditekan. Kabar buruknya, kondisi ini lebih sering menyerang pria dibandingkan wanita.

Lipoma banyak dialami orang yang sudah berusia lanjut, yaitu di atas 40–60 tahun. Pada beberapa kasus, seseorang bisa memiliki lebih dari satu benjolan lipoma di tubuhnya. Lipoma adalah benjolan lemak yang tumbuh secara lambat di antara kulit dan lapisan otot. Lipoma biasanya ditemukan paling sering di kepala, leher, lengan, dan ketiak, tapi bisa juga terjadi hampir di mana saja di tubuh.

Biasanya lipoma berukuran kecil. Ukurannya kurang dari 2 inci dan bisa dirasakan di bawah kulit. Mereka lembut dan kenyal, bisa tetap ukurannya atau tumbuh perlahan. Biasanya, lipoma tidak menimbulkan rasa sakit. Namun karena letak dan ukurannya, membuat Anda terlihat aneh oleh orang lain.

Orang dengan lipoma biasanya hanya memiliki satu, meskipun sekitar 20 persen dari mereka yang terkena dapat memiliki beberapa. Kebanyakan benjolan ini umumnya memiliki tekstur yang lembek atau lunak. Bahkan, kadang benjolan ini bisa keras dan padat.

Umumnya, benjolan berisi lapisan lemak ini jika disentuh dapat digeser atau digoyang-goyangkan ke area sekitarnya dengan mudah. Benjolan berisi lapisan lemak ini bisa muncul lebih dari satu. Biasanya jika benjolan ini adalah cikal bakal tumor, benjolan dapat menyebabkan rasa nyeri jika mengenai saraf atau jika di dalam benjolan terdapat banyak pembuluh darah. Selain itu, benjolan ini lebih sering ditemukan di bagian lengan bawah, kaki, punggung, dan leher.

Kondisi benjolan ini juga dapat terjadi di bagian tubuh lain seperti paru-paru, usus besar, payudara dan gejalanya tergantung dari letak lipoma. Ini bisa muncul di semua kelompok usia. Namun, paling sering pada laki-laki dan perempuan paruh baya.

Sampai saat ini, tidak dapat diketahui, apa penyebab lipoma bisa tumbuh. Ada banyak dugaan penyebab lipoma muncul. Jaringan lemak dari lipoma mungkin adalah cara tubuh untuk mencoba menyingkirkan bahan yang tidak diinginkan seperti racun atau limbah.

Beberapa percaya, lipoma terbentuk karena tubuh tidak seimbang dan tidak mampu memproses bahan yang tidak diinginkan melalui saluran normal seperti ginjal atau hati. Ada juga yeng berpendapat, terdapat faktor genetik berperan sebagai penyebab lipoma. Sebab, lipoma lazim ditemukan pada sebuah keluarga. Berarti, beberapa orang dari keluarga itu mengalami lipoma. Meski sebagian juga berpendapat, lipoma muncul akibat respons terhadap trauma fisik.

Ada beberapa dugaan yang mengatakan, benjolan berisi lapisan lemak ini ini bisa muncul akibat adanya trauma fisik terlebih dahulu. Ada juga perkiraan yang mengatakan, kondisi ini bisa terjadi pada orang yang kurang aktif bergerak, tetapi banyak dugaan tersebut yang belum terbukti. Meski tidak berisiko pada kesehatan yang lebih tinggi, ini bisa berpengaruh pada estetika sehingga banyak orang yang mencari solusi untuk menghilangkan bola lemak ini di dalam tubuh.

Jika lipoma berada di area tubuh yang tidak mudah dicapai, lipoma perlu dikeluarkan di ruang operasi. Namun bila kondisinya masih ringan, lipoma dapat diatasi dengan resep sederhana ini:

1. Madu dan Lidah Buaya
Bahan:
– 2 sendok makan madu
– 4 sendok lidah buaya

Instruksi:
Campurkan bahan dalam mangkuk dan oleskan campuran ke area lipoma. Pastikan Anda menerapkan campuran ini harus memiliki ketebalan paling sedikit 1 cm. Kemudian bungkus dengan plastik di atasnya, sehingga Anda bisa memastikan kondisi ini tetap pada tempatnya. Biarkan ini setidaknya 36 jam. Kemudian, lakukan prosedur ini sampai Anda mengganti campuran ini kira-kira 5 kali. Untuk hasil terbaik, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes tea tree ke dalam campuran. Setelah seminggu, Anda akan merasakan perbedaan yang mencolok bahwa penumpukan lemak jaringan lemak di bawah kulit akan larut.

Diambil dari sumber

 

PRODUK JAMU TERKAIT TULISAN INI
No data was found
HUBUNGI KAMI :
Bagikan :
Facebook
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga artikel Lainnya

Artikel Terkait

NatureAce

Gagal Ginjal

Gagal ginjal akut merupakan istilah untuk kondisi di mana ginjal seseorang mengalami kerusakan secara mendadak, sehingga tidak bisa berfungsi. Biasanya,

Baca Semua...»
NatureAce

Kunyit

Kunyit (Curcuma domestic) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayah Asia khususnya Asia Tenggara.

Baca Semua...»
NatureAce

Flu (Influenza)

      Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, seperti  hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Bagi kebanyakan orang, flu

Baca Semua...»
NatureAce

Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan tanaman yang berasal dari daratan Tiongkok. Sejak ribuan tahun lalu, khasiat tanaman ini dipercaya dapat mengobati beberapa

Baca Semua...»
temulawak
NatureAce

Temulawak

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) banyak ditemukan di hutan-hutan daerah tropis. Temulawak juga berkembang biak di tanah tegalan sekitar pemukiman, terutama pada

Baca Semua...»
oleander
NatureAce

Oleander

Oleander memiliki habitus : Semak, tinggi kurang lebih 4 m. Batang : tegak, bulat, berkayu, percabangan simpodial, bergetah, putih kotor.

Baca Semua...»
enau
NatureAce

Enau

Tanaman Enau termasuk jenis palma, memiliki akar kuat dan menjalar ke semua arah. Enau mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Enau

Baca Semua...»

Login

0