padiPadi mempunyai banyak varietas, baik yang ditanam di sawah maupun di ladang, sampai ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Tanaman semak semusim ini berbatang basah, batangnya tegak, lunak, beruas, berongga, kasar, berwarna hijau.

Kandungan penting :

Sifat kimiawi dan efek farmakologis : akar bersifat hangat dan manis. Selaput biji (kulit ari) bersifat manis, netral, serta masuk meridian limpa dan lambung. Kandungan kimia : biji mengandung karbohidrat, dextrin, arabanoxylan, xylan, phytin, glutelin, enzim (phytase, lypase, diastase), dan vitamin B.

Khasiat :

  • Selaput biji berkhasiat untuk mengatasi :
  1. Lambung dan limpa lemah
  2. Tidak nafsu makan, gangguan pencernaan, rasa penuh di dada dan perut
  3. Beri-beri
  4. Tangan dan kaki rasa kesemutan, pegal
  • Tangkai buah (merang) berkhasiat untuk mengatasi :
  1. Rambut kotor
  2. Keguguran
  • Biji (beras) berkhasiat untuk mengatasi :
  1. Demam
  2. Diare
  3. Gondongan
  4. Rematik, keseleo
  5. Radang payudara, radang kulit
  6. Bisul
  • Akar berkhasiat untuk mengatasi :
  1. Keringat berlebihan, berkeringat spontan
  2. Filariasis

Cara penggunaan :

  1. Diare

Segenggam beras merah disangrai sampai kuning, lalu digiling halus. Seduh dengan air panas sambil diaduk merata, sampai menjadi kuah kental. Ramuan yang disebut air tajin ini lalu ditambah sedikit garam. Setelah dingin siap untuk diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.

2. Pencuci rambut

Sebanyak 2 ikat tangkai buah kering (merang) dimasukkan ke dalam panci / bejana dari tanah liat. Kemudian merang dibakar sampai semuanya hangus menjadi abu. Tambahkan 1 liter air, lalu embunkan di udara terbuka semalaman. Ambil air yang bening untuk keramas. Selesai keramas, bilas dengan air perasan 1 buah jeruk purut yang telah masak dan diencerkan dengan 2 gelas air. Kemudian rambut dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Lakukan 3 kali dalam seminggu.

3. Gondongan

Ambil sekepal nasi panas, urutkan pada bagian pipi yang bengkak.

4. Rematik

Sediakan beras merah 1 sendok, lempuyang sepanjang 1/2 jari tangan, dan cabai rawit 3 buah. Semua bahan tersebut setelah dicuci bersih lalu ditumbuk sampai menjadi seperti bubur. Balurkan ke tempat yang sakit.

5. Mematangkan bisul

Untuk bisul yang besar dan keras dikompres dengan bubur nasi.

6. Beri-beri

Siapkan bekatul beras merah sebanyak 3 sendok makan lalu seduh dengan 100 cc susu sapi sambil diaduk merata. Minum selagi hangat, lakukan 2 kali sehari.

Facebook
WhatsApp
Email
Print

Login

0