TBC atau tuberculosis merupakan penyakit kronis yang menyerang tubuh karena infeksi dari bakteri. Karena bakteri Mycobacterium tuberculosis, tubuh jadi mengalami meriang, keringat, batuk berdarah, dan penurunan nafsu makan yang merupakan gejala dari TBC.

Untuk mengatasi hal ini, dokter akan memberikan beragam obat-obatan kimia yang mampu mencegah bakteri TBC berkembang. Selain obat kimia, ada pula beragam tanaman herbal yang ternyata ampuh mengatasi penyakit TBC.

Simak beragam tanaman obat TBC terampuh di bawah ini!

Tanaman Obat TBC Terampuh

1. Tanaman Tekokak
Tanaman obat TBC pertama adalah tanaman tekokak atau yang sering dikenal sebagai tanaman terong-terongan.
Berdasarkan riset pada Journal of Ethnopharmacology, buah tekokak mentah memiliki kandungan methyl caffeate.Methyl Caffeate berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab seseorang mengalami TBC. Selain buah mentahnya, daun tanaman tekokak juga berkhasiat dalam mengobati TBC.

2. Meniran Hijau
Tanaman obat TBC berikutnya adalah meniran hijau yang mampu meningkatkan imunitas tubuh.
TBC adalah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seseorang, semakin menurun imunitas tubuh seseorang maka TBC akan menjadi aktif. Oleh karena itu, obat alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi TBC adalah tumbuhan peningkat imunitas tubuh, seperti meniran hijau.
Menurut riset pada jurnal Frontiers in Pharmacology, meniran hijau memiliki kandungan aktif yang dapat menstimulasi tubuh agar meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Pohon Mimba
Pohon mimba yang sering kamu temukan di pinggir jalan juga ternyata bermanfaat dalam mengobati TBC, lo!
Ternyata kulit batang serta biji pohon mimba merupakan salah satu obat yang ampuh mengatasi penyakit TBC. Hal ini dikemukakan pada jurnal Nuts & Seeds in Health and Disease Prevention. Tertulis bahwa minyak biji mimba mengandung senyawa nimbidin dan azadirachtin yang memiliki sifat antimikroba, sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri TBC.
Selain itu, riset pada Indonesian Journal of Cancer Chemoprevention juga membuktikan ekstrak kulit kayu batang mimba mampu menghambat bakteri penyebab TBC.

4. Bawang Putih
Obat herbal berikutnya yang bisa kamu gunakan merupakan tumbuhan yang dapat dengan mudah kamu temukan di rumah, yakni bawang putih. Bawang putih yang telah diolah menjadi minyak memiliki sifat antimikroba yang mampu menghadang pertumbuhan koloni bakteri TBC sebesar 97%.
Minyak bawang putih juga mengandung allicin dan ajoane yang dapat disetarakan dengan obat standar TBC, yakni isoniazid, rifampicin, dan ethambutol.

5. Teh Hijau
Tanaman obat TBC berikutnya adalah teh hijau yang terkenal kaya akan manfaat.
Berdasarkan riset pada jurnal The International Journal of Biochemistry and Cell Biology, bakteri TBC tetap menempel pada sel yang telah terinfeksi meski tak kunjung “matang”.
Salah satu penyebab “matangnya” sel tersebut adalah karena molekul tersebut mengandung protein. Kandungan pada teh hijau, yakni epigallocatechin-3-gallate mampu menurunkan fungsi molekul yang mengandung protein tersebut.
Hal ini membuat kelangsungan hidup bakteri TBC menjadi terhambat.

6. Eukaliptus Lemon
Eukaliptus lemon merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan sebagai bahan minyak esensial.
Namun siapa sangka jika tanaman ini ternyata mampu mengatasi bakteri TBC dalam tubuh?
Corymbia citriodara atau eukaliptus lemon mengandung citronellol, linalool, isopulegol, dan beragam bahan aktif lainnya yang mampu mengobati TBC.

7. Kunyit
Kunyit memiliki zat kurkumin yang dapat mengatasi gejala-gejala peradangan karena penyakit TBC.
Selain itu, kurkumin juga merupakan obat tradisional yang diyakini dapat mengurangi efek samping dari obat TBC.

Diambil dari sumber

 

PRODUK JAMU TERKAIT TULISAN INI
No data was found
HUBUNGI KAMI :
Bagikan :
Facebook
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga artikel Lainnya

Artikel Terkait

malapari
NatureAce

Malapari

Pohon malapari (Pongamia pinnata) atau dikenal juga oleh warga India sebagai pohon yang “sangat terang” merupakan tanaman yang berasal dari

Baca Semua...»
NatureAce

Obesitas

Istilah obesitas adalah suatu kondisi yang menggambarkan seseorang memiliki badan yang sangat gemuk dan mengandung banyak lemak pada tubuhnya. Terdapat

Baca Semua...»
NatureAce

Nyeri Dada

Nyeri dada adalah kondisi di mana seseorang merasakan rasa sakit pada bagian dada. Kemunculan nyeri dada bisa dalam beberapa bentuk,

Baca Semua...»
adas
NatureAce

Adas

Tanaman Adas merupakan salah satu dari sembilan tumbuhan obat yang dianggap bermukjizat di Anglo-Saxon. Di Indonesia, tanaman ini telah dibudidayakan

Baca Semua...»
jamblang
NatureAce

Jamblang

Jamblang tergolong tumbuhan buah-buahan yang berasal dari Asia dan Australia tropis. Biasa ditanam di pekarangan atau tumbuh liar, terutama di

Baca Semua...»
tanaman maja dan buah maja
NatureAce

Maja

Maja (Aegle marmelos) tumbuh dalam bentuk pohon keras, berumur panjang (perenial) dengan tinggi 10-15 m. Batang berkayu (lignosus), berbentuk silindris,

Baca Semua...»
alang alang
NatureAce

Alang-alang

Alang-alang termasuk jenis tanaman herba, rumput, merayap, dengan ketinggian 30-180 cm. Batang berbentuk rimpang, merayap di bawah tanah, batang tegak

Baca Semua...»

Login

0