Vertigo ditandai oleh sensasi tidak seimbang, atau sensasi berputar yang luar biasa. Kondisi ini dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh. Serangan vertigo dapat berlangsung beberapa detik hingga berjam-jam. Namun untuk beberapa kasus yang sudah parah, vertigo dapat berlangsung selama beberapa hari atau bulan.

Gejala :

  • Mual
  • Muntah
  • Gerakan mata yang tidak normal
  • Sakit kepala
  • Berkeringat
  • Telinga berdenging atau gangguan pendengaran

Penyebab :

  • Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) atau gerakan kepala spesifik yang menyebabkan vertigo
  • Labyrinthitis atau infeksi telinga bagian dalam yang disebabkan oleh virus flu
  • Neuronitis Vestibular atau peradangan saraf vestibular
  • Penyakit Meniere atau penyakit telinga bagian dalam
  • Migrain
  • Beberapa jenis obat yang memiliki efek samping

Cara mencegah :

  • Segera duduk jika Anda mengalami pusing
  • Berhati-hati dengan kemungkinan kehilangan keseimbangan yang dapat menyebabkan terjatuh atau kecelakaan
  • Gunakan penerangan yang cukup terutama malam hari
  • Bekerja sama dengan dokter untuk mengontrol gejala secara efektif

 

Vertigo adalah sakit kepala yang menyebabkan seseorang merasa dunia di sekitarnya berputar. Orang yang memiliki vertigo mungkin saja mengalaminya secara mendadak tanpa sebab.

Kambuhnya vertigo bisa menyebabkan seseorang muntah, mual hingga pingsan. Hal ini terjadi ketika otak merasakan tubuh tidak seimbang meskipun kenyataannya tidak.

Jika Anda sudah memiliki obat yang diresepkan oleh dokter untuk mengatasi vertigo kambuh, Anda bisa mengonsumsinya. Jika tidak, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan alami untuk mengatasi vertigo seperti yang dilansir oleh medicalnewstoday.com, antara lain:

1. Teh jahe
Penelitian dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science menemukan bahwa jahe dapat mengurangi efek vertigo lebih baik daripada reposisi manual, seperti manuver Epley.
Akar jahe yang direndam dalam secangkir air mendidih selama 5 menit bisa membantu meredakan vertigo. Anda bisa mencampurkannya dengan madu dan minumlah 2 kali sehari.

2. Kacang almond
Kacang almond adalah sumber vitamin A, B dan E yang bisa mengatasi gejala vertigo. Karena, kandungan vitamin dalam kacang almond itulah yang membantu melawan penyebab vertigo.

3. Cuka sari apel dan madu
Cuka sari apel dan madu dipercaya memiliki sifat kuratif untuk meringankan aliran darah ke otak. Satu sendok cuka sari apel dengan dua sendok madu sudah cukup mencegah dan mengobati gejala vertigo.

4. Gingko biloba
Gingko biloba adalah ramuan asal China yang bisa mengatasi gejala vertigo. Cara kerjanya dengan mengatur aliran darah ke otak untuk meredakan pusing dan menyeimbangkan tubuh.
Sebuah penelitian dalam International Journal of Otolaryngology menemukan ginkgo biloba sama efektifnya dengan obat betahistine dalam mengelola vertigo.

5. Ketumbar
Selain 4 bahan alami di atas, Anda juga bisa menggunakan biji ketumbar untuk mengatasi vertigo. Dilansir oleh hellosehat.com, biji ketumbar berfungsi sebagai antiradang untuk melawan infeksi virus atau bakteri penyebab vertigo. Apalagi ketumbar kaya akan zat besi yang bisa membantu menambah dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

 

 

Solusi herbal :

  1. Jahe
  2. Gingko biloba
  3. Lada merah
  4. Ketumbar
  5. Daun selasih

Alternatif lain :

Rehabilitasi Vestibular, Canalith Repositioning Maneuvers, obat, operasi

Diambil dari sumber

PRODUK JAMU TERKAIT TULISAN INI
No data was found
HUBUNGI KAMI :
Bagikan :
Facebook
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga artikel Lainnya

Artikel Terkait

NatureAce

Infeksi Telinga

Infeksi telinga terjadi ketika bakteri atau virus menginfeksi bagian tengah dari telinga, atau tepat sebelum gendang telinga. Infeksi telinga terasa

Baca Semua...»
NatureAce

Gagal Ginjal

Gagal ginjal akut merupakan istilah untuk kondisi di mana ginjal seseorang mengalami kerusakan secara mendadak, sehingga tidak bisa berfungsi. Biasanya,

Baca Semua...»
kayu manis
NatureAce

Kayu Manis (Cinnamon burmanii)

Biologi kayu manis Kayu manis (Cinnamon) mempunyai nilai ekonomi sehingga banyak dibudidayakan di kebun-pekarangan rumah masyarakat diperdesaan. Di perkotaan, kayu

Baca Semua...»
NatureAce

Otot-ototan

Merupakan tanaman semak, setahun, tinggi 30-50 cm. Berbatang pendek, bulat, dan berwarna cokelat. Kandungan penting : Daun otot-ototan mengandung saponin,

Baca Semua...»
NatureAce

Bunga Lawang

Bunga lawang (Illicium verum) merupakan rempah asli Tiongkok dan Vietnam yang tumbuh dari buah pohon cemara Cina. Rempah ini sering

Baca Semua...»
Rosella-ungu
NatureAce

Rosela Ungu

Pohon Roselle adalah sejenis perdu yang mudah ditanam. Cara penanamannya dengan menggunakan biji yang kering kemudian disemai. Batangnya merah, urat

Baca Semua...»
NatureAce

Cholangitis

Cholangitis adalah infeksi yang terjadi pada saluran empedu (saluran yang dilewati oleh cairan empedu dari hati menuju kandung empedu dan

Baca Semua...»
pandan wangi
NatureAce

Pandan wangi

Pandan wangi tumbuh di daerah tropis dan banyak ditanam di halaman / kebun. Pandan kadang tumbuh liar di tepi sungai,

Baca Semua...»

Login

0