virus zika
Apa Itu Virus Zika

Virus Zika adalah penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Virus ini juga dapat menular melalui transfusi darah dan hubungan seksual. Virus ini juga dapat menular dari ibu hamil ke janinnya. Gejala yang umum terjadi pada penderita infeksi virus Zika adalah: tubuh mudah lelah, demam, sakit kepala, ruam kulit, nyeri otot, nyeri sendi, dan konjungtivitis atau peradangan kelopak mata. Viruz zika merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Virus ini bisa menyebabkan sakit yang ringan kepada manusia yang dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika.

Penyebab :

Infeksi virus Zika terjadi melalui perantara gigitan nyamuk Aedes, terutama spesies Aedes aegypti. Virus Zika yang telah menginfeksi manusia bisa menimbulkan beberapa gejala, mulau dari demam, nyeri sendi, konjungtivitis (mata merah), dan ruam. Gejala-gejala penyakit Zika dapat menyerupai gejala penyakit dengue dan chikungunya, serta dapat berlangsung beberapa hari hingga satu minggu.

Walaupun kasusnya jarang ditemui, virus Zika nyatanya bisa ditransmisikan dari seorang ibu hamil pada janin di dalam kandungannya, dapat pula tertular pada waktu persalinan. Tidak hanya itu, terdapat beberapa laporan virus Zika yang penularannya terjadi melalui tranfusi darah dan hubungan seksual.

Gejala :

Selain gejala umum yang telah disebutkan, gejala lain virus Zika yang ditemukan adalah sakit kepala, nyeri di belakang mata, dan lelah. Gejala ini umumnya bersifat ringan dan berlangsung hingga sekitar satu minggu.

Cara mencegah :

  1. Memastikan tempat yang dikunjungi atau tinggali memiliki pendingin ruangan atau setidaknya memiliki tirai pintu dan jendela yang dapat mencegah nyamuk masuk ke ruangan. Apabila kamu tidak memiliki pendingin udara, gunakan kelambu pada tempat tidur.
  2. Gunakan baju dan celana berlengan panjang.
  3. Gunakan bahan penolak serangga yang terdaftar pada badan perlindungan lingkungan atau environmental protection agency (EPA), sesuai dengan instruksi yang tertera pada kemasan. Instruksi yang ada pada kemasan akan memberikan informasi mengenai pengaplikasian ulang, area pengaplikasian yang diperbolehkan, waktu dan durasi pengaplikasian.

Alternatif pengobatan

Pengobatan virus Zika dibutuhkan dengan berfokus pada upaya mengurangi gejala yang dirasakan oleh pengidap karena vaksin serta obat-obatan penyembuh penyakit ini belum ditemukan. Pengobatan terhadap gejala yang dialami dapat berupa pemberian cairan untuk mencegah dehidrasi, obat pereda rasa sakit untuk meredakan demam dan sakit kepala, serta istirahat yang cukup.

Bagi mereka yang telah terinfeksi virus Zika diharapkan untuk menghindari gigitan nyamuk selama terjangkit virus ini. Pasalnya, virus Zika yang dapat bertahan lama di dalam darah pengidap dapat menyebar ke orang lain melalui gigitan nyamuk.

Manfaat Herba untuk pengobatan infeksi Virus Zika

Sementara itu, terdapat beberapa jenis tanaman herbal yang diklaim dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu dalam proses penyembuhan virus. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Jahe: Jahe diketahui memiliki banyak sekali khasiat dalam pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit .
  2. Kunyit: Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Senyawa ini dapat membantu melawan infeksi virus .
  3. Kayu Manis: Kayu manis mengandung senyawa yang dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri .
  4. Bawang Putih: Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri .

Cegah dan obati penyakit serta tingkatkan daya tahan tubuh dengan produk kesehatan terbaik dari NatureAce.

Lihat juga versi visual penyakit dan jamu di www.natureace.co.id 

Sumber : disarikan dari berbagai sumber

PRODUK JAMU TERKAIT TULISAN INI
Imfresho
Imfresho
Klik Link dibawah untuk Pembelian
Pro Lex
Pro-Lex
Klik Link dibawah untuk Pembelian
HUBUNGI KAMI :
Bagikan :
Facebook
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga artikel Lainnya

Artikel Terkait

NatureAce

Infeksi Telinga

Infeksi telinga terjadi ketika bakteri atau virus menginfeksi bagian tengah dari telinga, atau tepat sebelum gendang telinga. Infeksi telinga terasa

Baca Semua...»
bayam merah
NatureAce

Bayam Merah

Bayam Merah memiliki Habitus : semak, satu tahun, tinggi kurang lebih 50 cm. Batang : tegak , masif, beralur, percabangan,

Baca Semua...»
salak
NatureAce

Salak

Salak merupakan palma berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang, berduri banyak, melata dan beranak banyak, tumbuh menjadi rumpun yang rapat

Baca Semua...»
trembesi
NatureAce

Trembesi

Trembesi memiliki habitus : pohon, tinggi 10-20 m. Batang : Tegak, bulat, percabangan simpodial, permukaan beralur, kasar, hitam. Daun :

Baca Semua...»
NatureAce

Zingiberaceae

  Sejak ratusan tahun yang lalu, suku Zingiberaceae atau suku temu-temuan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian masyarakat Indonesia.

Baca Semua...»
bunga ajaib
NatureAce

Buah Ajaib

Buah ajaib / miracle fruit tumbuhan kecil dengan pertumbuhan ranting yang sangat lambat. Untuk tumbuhan berumur 10 tahun hanya 120-150

Baca Semua...»
kangkung
NatureAce

Kangkung

Kangkung adalah jenis sayur yang sudah sangat umum di Indonesia. Hampir semua orang tentu pernah makan sayuran yang punya nama

Baca Semua...»
pacar air
NatureAce

Pacar air

Pacar air adalah terna berbatang basah, bercabang, dengan daun tunggal, bentuk laset, memanjang pinggir bergerigi warna hijau muda tanpa daun

Baca Semua...»
lada
NatureAce

Lada

Tanaman lada merupakan herba tahunan dengan batang bulat, beruas, bercabang, mempunyai akar pelekat, berwarna hijau kotor. Daun tunggal, bulat telur,

Baca Semua...»

Login

0