Kunyit (Curcuma domestic) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayah Asia khususnya Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerah Indo-Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu / untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kandungan penting :

  1. Kurkumin, R1 = R2 = OCH3 10%
  2. Desmetoksikumin, R1 = OCH3, R2 = H 1-5 %
  3. Bisdesmetoksikurkumin, R1 = R2 = H
  4. Sisanya minyak atsiri / volatil oil, dan lain-lain.

Khasiat dan Cara Penggunaan :

  1. Diabetes melitus

Bahan : 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh garam. Cara membuat : kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.

2. Tifus

Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. Cara membuat : semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan di saring. Cara menggunakan : diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut.

3. Usus buntu

Bahan : 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa / aren, garam secukupnya. Cara membuat : kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum setiap pagi setelah makan, secara teratur.

4. Disentri

Bahan : 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum dan diulangi sampai sembuh.

5. Sakit keputihan

Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa / aren. Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring. Cara menggunakan : diminum 1 gelas sehari.

6. Haid tidak lancar

Bahan : 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading. Cara membuat : semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum 1 gelas sehari.

7. Perut mulas pada saat haid

Bahan : 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm. Cara membuat : semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring. Cara menggunakan : ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid.

8. Memperlancar ASI

Bahan : 1 rimpang kunyit. Cara membuat : kunyit ditumbuk sampai halus. Cara menggunakan : dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada 1 kali setiap 2 hari.

9. Cangkrang (Waterproken)

Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng. Cara membuat : semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Cara menggunakan : dioleskan pada bagian yang terkena cangkrang.

10. Amandel

Bahan : 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu. Cara membuat : kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat, diaduk sampai merata dan disaring. Cara menggunakan : diminum secara rutin 2 hari sekali.

11. Berak lendir

Bahan : 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih. Cara membuat : semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

12. Morbili

Bahan : 1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dringo bengle. Cara membuat : kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus. Cara menggunakan : dioleskan pada seluruh badan sebagai bedak.

Sumber : Kitab Tanaman Obat Nusantara

 

 

 

 

Share it :
Facebook
WhatsApp
Email
Lihat Juga artikel Lainnya

Artikel Terkait

kanker
NatureAce

Tumor

Tumor selama ini dianggap sebagai penyakit yang mematikan bagi mayoritas orang. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena tumor sendiri

Baca Semua...»
NatureAce

Infeksi Sistem Saraf Pusat

Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Disebut “pusat” karena sistem tersebut sebagai pusat informasi dan koordinasi

Baca Semua...»
NatureAce

Narkolepsi

Narkolepsi adalah gangguan tidur kronis yang ditandai dengan rasa kantuk di siang hari dan serangan tidur yang tiba-tiba. Orang dengan

Baca Semua...»
NatureAce

Pankreatitis Akut

Pankreatitis akut merupakan kondisi peradangan pada pankreas yang terjadi secara tiba-tiba (dalam waktu singkat). Derajat keparahan pankreatitis akut bisa bervariasi,

Baca Semua...»
abses-gigi
NatureAce

Abses Gigi

Abses Gigi Abses gigi adalah penyakit infeksi bakteri yang mengakibatkan nanah mengumpul di akar gigi atau di antara gigi dan

Baca Semua...»
NatureAce

Trombosis Vena Dalam

Trombosis Vena Dalam Trombosis vena dalam (DVT) adalah gumpalan darah yang berkembang di dalam vena dalam tubuh, biasanya di kaki.

Baca Semua...»
NatureAce

Covid 19 (Corona Virus)

Virus corona adalah kelompok besar virus yang menyebabkan berbagai jenis penyakit. Mulai dari batuk pilek hingga penyakit yang lebih parah.

Baca Semua...»
batuk berdahak
NatureAce

Batuk Berdahak

Batuk Berdahak Batuk berdahak adalah gejala yang umum dan biasanya disebabkan oleh iritasi atau infeksi saluran pernapasan atas atau bawah.

Baca Semua...»
NatureAce

Chikungunya

Chikungunya adalah infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk dan menyebabkan demam dan nyeri sendi secara mendadak. Nyamuk yang dapat menularkan

Baca Semua...»

Login

0