libido
Penyebab Penurunan Libido

Penurunan libido pria sering kali menyebabkan hilangnya rasa percaya diri dan stres. Hal tersebut tak jarang menjadi salah satu penyebab terganggunya keharmonisan dengan pasangan. Oleh karena itu, mari simak apa saja penyebab penurunan libido pada pria dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penurunan libido pria umumnya tidak terjadi secara tiba-tiba. Masalah seksual ini terjadi secara bertahap, mulai dari beberapa bulan hingga beberapa tahun. Berkurangnya libido pria pun dapat dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari faktor usia, penyakit tertentu, berkurangnya hormon seks, hingga masalah psikologis.

 

Penyebab Penurunan Libido Pria

Normalnya, libido pria memang akan menurun seiring pertambahan usia. Namun, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya:

 

1. Hormon testosteron rendah

Testosteron merupakan hormon yang berperan penting dalam perkembangan organ seks dan libido pria. Jika kadar hormon testosteron rendah, kondisi tersebut dapat memengaruhi hasrat seksual atau libido pria. Tidak hanya menurunkan hasrat seksual, kadar testosterone yang rendah juga bisa memicu gejala “mirip PMS” pada pria.

 

2. Tekanan darah tinggi dan diabetes

Penurunan libido pada pria juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes yang tidak terkontrol.

Jika tidak diobati, kedua penyakit tersebut dapat mengganggu sistem peredaran darah dan merusak pembuluh darah dalam tubuh, termasuk di bagian organ intim pria. Jika hal ini terjadi, seorang pria akan mengalami penurunan libido dan gangguan ereksi.

 

3. Gangguan psikologis

Proses terjadinya ereksi dan pengaturan hasrat seksual pada pria melibatkan banyak faktor, mulai dari kinerja sistem saraf dan otak, hormon seks, hingga kondisi psikologis atau kesehatan mental. Oleh karena itu, masalah kesehatan mental, seperti stres berat, gangguan cemas, atau depresi, turut menyebabkan penurunan hasrat seksual pria.

Selain berkurangnya libido, gangguan psikologis juga dapat menyebabkan keluhan lain, seperti sering lelah atau kurang bertenaga, sulit fokus dan konsentrasi, hilangnya nafsu makan, hingga mood swing.

 

4. Efek samping obat-obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, antihistamin, obat penurun tekanan darah, serta narkoba, bisa menimbulkan efek samping berupa berkurangnya libido dan disfungsi ereksi. Tak hanya itu, terapi hormon estrogen juga bisa mengakibatkan penurunan libido pada pria.

 

5. Gangguan tidur

Gangguan tidur, misalnya insomnia, apnea tidur, dan sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome, diketahui dapat memengaruhi performa seksual pria. Gangguan tidur tersebut juga dapat menyebabkan pria kekurangan energi, sehingga libidonya pun akan menurun.

 

Cara Meningkatkan Libido Pria

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan libido pada pria. Namun, cara yang dipilih harus disesuaikan dengan penyebab terjadinya penurunan libido. Secara umum, libido pria bisa ditingkatkan dengan beberapa cara berikut ini:

 

Menerapkan pola hidup sehat

Terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang untuk menghindari penurunan libido. Pola hidup sehat yang dimaksud adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, berolahraga secara teratur, menghindari stres, serta mencukupi waktu tidur.

 

Menjalani psikoterapi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penurunan libido pria tidak hanya disebabkan oleh masalah fisik, melainkan juga oleh masalah mental, seperti, stres, depresi, atau rasa cemas. Dalam hal ini, psikoterapi atau konseling ke psikolog bisa menjadi solusinya.

 

Mengganti obat-obatan yang dikonsumsi

Jika penurunan libido disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu, segera konsultasikan ke dokter. Dokter mungkin akan mengurangi dosis atau mengganti jenis obat yang sedang dikonsumsi.

 

Melakukan terapi testosteron

Terapi testosteron cukup efektif untuk mengatasi kondisi berkurangnya libido, terutama pada pria dengan kadar hormon testosteron rendah dalam tubuh. Tak hanya meningkatkan libido, terapi ini juga dapat memperbaiki fungsi ereksi pada pria.

Selain beberapa cara di atas, penurunan libido pria juga bisa diatasi dengan menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan atau mencoba hal-hal baru saat berhubungan seks, misalnya melakukan sexting, menggunakan sex toys, atau melakukan role play.

Akan tetapi, jika penurunan libido berlangsung lama dan tak kunjung membaik, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

banner

Manfaat Herbal Untuk Peningkatan Libido

Tanaman herbal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya mampu meningkatkan libido, atau meningkatkan gairah seks dan tingkat energi pada pria.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Kamis (24/2/2024), berikut beberapa tanaman herbal yang diyakini mampu meningkatkan stamina pria:

 

1. Rosemary (Rosmarinus officinalis)

Rosemary atau lebih dikenal di Indonesia sebagai Rosmarin berasal dari Mediterania, Eropa. Sebagai obat herbal, daun rosemary tersedia dalam teh herbal kering ataupun minyak esensial.

Rosemary melindungi dari degenerasi makula terkait usia (AMD) dan menurut sebuah penelitian di Iran, rosemary juga membantu pria dengan kecemasan kinerja.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan di Northumbria University, ada senyawa dalam rosemary yang meningkatkan fungsi kognitif dan memori.

Cara mengonsumsi rosemary adalah tambahkan sedikit saat memanggang daging atau memanggang ikan.

 

2. Tribulus (Tribulus terrestris)

Tribulus adalah afrodisiak alami dan populer digunakan dalam pengobatan alternatif Tiongkok dan Ayurveda.

Tribulus adalah tanaman yang menghasilkan buah dengan ciri-ciri buahnya ditutupi oleh duri. Tribulus memiliki bahan kimia untuk meningkatkan kadar beberapa hormon

Tanaman ini dapat mengobati disfungsi ereksi dan masalah hasrat seksual serta menyembuhkan penyakit saluran kemih.

Sebuah studi di Bulgaria dilakukan pada 180 orang pria yang menderita disfungsi ereksi ringan hingga sedang dan Tribulus menunjukkan efek positif pada peserta.

Buah, daun, dan akar tribulus digunakan untuk tujuan pengobatan. Ekstrak bubuk dapat diminum setelah makan.

Anda bisa menambahkan daunnya yang segar saat menyeduh teh. Tanaman tribulus bisa mencapai tinggi 30 sampai 60 cm. Tanaman ini tumbuh dengan baik di tanah berpasir, berdrainase baik, dan lembap.

 

3. Ginkgo (Ginkgo biloba)

Ginkgo biloba atau biasa dikenal sebagai pohon Rambut Gadis merupakan spesies yang masih hidup dalam divisi Ginkgophyta.

Pohon yang berasal dari China ini memiliki kemiripan dengan fosil berusia 270 tahun lalu. Pohon ini memiliki berbagai kegunaan dalam pengobatan tradisional dan sumber makanan.

Ginkgo kaya akan flavonoid dan terpenoid, ginkgo adalah tanaman herbal yang bagus untuk meningkatkan aliran darah ke organ seksual pria.

Tanaman ini juga membantu melawan peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung pada pria.

Uji coba terbuka tentang kemanjurannya menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi hilangnya libido karena antidepresan, juga dapat meningkatkan hasrat, gairah, dan orgasme pada pria dan wanita.

Tambahkan daun ginkgo segar dalam teh atau ambil dalam bentuk cair dengan ekstrak daun. Konsumsi 30 sampai 60 menit sebelum tidur.

 

4. Fenugreek atau kelabat/klabet (Trigonella foenum-groecum)

Hasil dari berbagai uji klinis menyarankan bahwa kelabat atau klabet adalah salah satu tanaman herbal terbaik untuk kesehatan pria.

Sebuah studi yang dilakukan pada 120 orang pria selama 12 minggu menyimpulkan bahwa kelabat meningkatkan kadar testosteron pada peserta.

Tanaman ini juga diketahui mengurangi risiko diabetes, tekanan darah, dan kondisi jantung, yang lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Tambahkan biji klabet ke dalam salad. Daun segarnya terasa paling enak dalam hidangan kari, sup, daging, dan sayuran.

 

5. Ashwagandha (Withania somnifera)

Ashwagandha juga dikenal sebagai ginseng India, tanaman ini membantu produksi oksida nitrat dan meningkatkan aliran darah ke alat kelamin pada pria, yang menyembuhkan impotensi dan membuat mereka lebih “jantan.”

Sains telah membuktikan bahwa ini juga meningkatkan kesehatan mental.

Juga, sebuah studi klinis pada 57 subjek laki-laki muda menunjukkan bahwa konsumsinya meningkatkan kekuatan dan pemulihan otot.

Tambahkan akar bubuk ke dalam segelas susu hangat atau cukup campurkan ke dalam smoothie. Anda juga bisa menggunakan daun segar dalam teh.

 

banner

Produk Herba untuk Stamina Pria

Untuk penanganan pemulihan pada masalah yang berkaitan dengan libido, Pro-Lex merupakan pilihan yang tepat. Dengan kandungan Akar Pasak Bumi (100 mg), Akar Purwoceng (100 mg), Buah Cabe Jawa (100 mg), Rimpang Jahe Merah (50 mg), dan Buah Lada Hitam (50 mg) membuatnya menjadi jamu yang tepat untuk proses penyembuhan penyakit pernafasan :

Berikut manfaat kandungan Pro-Lex :

  • Pasak bumi mengandung senyawa quassinoid untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi.
  • Purwoceng sebagai aprodisiak dihasilkan oleh senyawa steroid, atsiri, furanokumarin, dan vitamin, yang terdapat pada pucuk maupun akar.
  • Cabe jawa mengandung beberapa kandungan senyawa aktif yaitu saponin, flavonid, serta minyak atsiri.
  • Rimpang jahe merah mengandung karbohidrat, lemak, senyawa terpen, serta senyawa fenolat.
  • Lada hitam juga mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri, antiradang, dan antikanker.

 

Anda bisa konsumsi Pro-Lex dengan dosis 3 x sehari 1 kapsul. Pro-Lex dapat dikonsumsi sesudah makan. Pro-Lex tersedia dalam kemasan blister isi 30 kapsul @300 mg.

Pro-Lex dapat diperoleh di distributor resmi PT. Nature Ace Indonesia yang merupakan distributor yang concern mengedarkan produk-produk saintifikasi jamu seperti Pro-Lex. Produk ini dapat diperoleh di website resmi PT. Nature Ace Indonesia, yaitu https://natureace.id/, https://natureace.co.id atau link toko web : produk.natureace.id atau link toko shopee : shopee.co.id/natureaceindonesia. Selain Pro-Lex, terdapat produk-produk saintifikasi jamu yang lain yang merupakan hasil penelitian dari dokter maupun apoteker, diantaranya :

  • AG FIT untuk penyembuhan stroke,
  • BEAUTYFIT untuk membantu memelihara kesehatan Wanita;
  • ASILACT untuk memperlancar Air Susu Ibu; IMFRESHO untuk membantu memelihara daya tahan tubuh;
  • PULMAXIN untuk membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan; LIPOSTERA untuk membantu mengurangi lemak tubuh;
  • PRO-LEX untuk membantu memelihara stamina pria;
  • NEURINDEX untuk membantu meredakan pegal linu dan nyeri pada persendian;
  • PRO NEOPLAS untuk membantu memelihara kondisi kesehatan pada penderita kanker;
  • GLUCOSIN untuk membantu meringankan gejala kencing manis;
  • MAAGNOFIT untuk membantu meringankan gangguan lambung seperti perut kembung, mual dan sakit perut.

 

Tingkatkan daya tahan tubuh, cegah dan obati penyakit dengan produk kesehatan saintifikasi terpercaya dari Nature Ace Indonesia.

Lihat juga versi visual penyakit dan jamu di www.natureace.co.id

 

 

Sumber :

https://www.alodokter.com/temukan-beragam-penyebab-penurunan-libido-pria-di-sini

https://www.kompas.tv/nasional/381940/5-tanaman-herbal-yang-diyakini-mampu-meningkatkan-gairah-seks-pada-pria?page=all

PRODUK JAMU TERKAIT TULISAN INI
Pro Lex
Pro-Lex
Klik Link dibawah untuk Pembelian
HUBUNGI KAMI :
Bagikan :
Facebook
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga artikel Lainnya

Artikel Terkait

Padi

Kandungan penting : Sifat kimiawi dan efek farmakologis : akar bersifat hangat dan manis. Selaput biji (kulit ari) bersifat manis,

Baca Semua...»
beras hitam
NatureAce

Beras Hitam

Beras hitam merupakan varietas lokal yang mengandung pigmen yang paling baik dibandingkan beras putih atau beras warna yang lain. Beras

Baca Semua...»
NatureAce

Obesitas

Istilah obesitas adalah suatu kondisi yang menggambarkan seseorang memiliki badan yang sangat gemuk dan mengandung banyak lemak pada tubuhnya. Terdapat

Baca Semua...»
gangguan menstruasi
NatureAce

Gangguan Menstruasi

Apa Itu Gangguan Menstruasi Gangguan menstruasi adalah kondisi ketika siklus menstruasi mengalami anomali atau kelainan. Hal ini bisa berupa perdarahan

Baca Semua...»
abses-gigi
NatureAce

Abses Gigi

Abses Gigi Abses gigi adalah penyakit infeksi bakteri yang mengakibatkan nanah mengumpul di akar gigi atau di antara gigi dan

Baca Semua...»
cabe jawa
NatureAce

Cabe Jawa

Cabe jawa merupakan tumbuhan asli Indonesia, banyak ditanam di pekarangan, ladang, atau tumbuh liar di tempat-tempat yang tanahnya lembap dan

Baca Semua...»
pegagan
NatureAce

Pegagan

Pegagan merupakan terna liar, terdapat di seluruh Indonesia, berasal dari Asia tropik. Menyukai tanah yang agak lembab dan cukup mendapatkan

Baca Semua...»
NatureAce

Radang Amandel

Radang amandel pada umumnya dialami oleh anak-anak, dengan berupa dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Fungsi utama organ

Baca Semua...»

Login

0